top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

APAKAH KAMU PERNAH MENGALAMI CYBERBULLYING?


Sumber Foto : Google – Cyberbullying

Berbeda dengan bullying, cyberbullying adalah penyalahgunaan internet untuk melecehkan, mengancam, mempermalukan dan mengejek orang lain (Kompas, 2019). Tidak hanya terjadi kepada anak-anak atau remaja, cyberbullying juga terjadi kepada semua orang, bahkan hingga public figure sekalipun.


Kini teknologi menjadi lebih kejam, dijadikan sebagai tempat untuk mengintimidasi seorang dengan orang lain. Kini semua orang dapat melakukan bullying dimanapun mereka berada. Dengan adanya internet dan teknologi kini semua disalahgunakan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Cyberbully kini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, hampir setiap orang yang memiliki koneksi internet atau ponsel dapat melakukan cyberbully terhadap orang lain, mereka merasa aman karena tidak harus mengungkapkan identitas diri mereka sebenarnya.


Cyberbully tidak mengenal waktu, pelaku cyberbullying tidak dapat mengenal waktu. Mereka dapat dengan bebas 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dapat menghantui anda. Tidak hanya dirumah, atau di lokasi tertentu. Namun dimana saja anda dapat menerima cyberbully. Dengan hanya beberapa klik penghinaan, ancaman, ejekan atau pun lainnya dapat disaksikan oleh ratusan bahkan ribuan orang.


Metode yang digunakan beragam, pelaku cyberbully dapat dengan bebas menggunakan berbagai metode untuk menghantui anda. Mulai melalui email, SMS, media sosial hingga meretas akun berbelanja online kalian untuk mencuri data pribadi yang kalian miliki.


Berikut merupkan beberapa tips yang perlu kamu lakukan ketika mengalami cyberbully:

1. Jangan merespon pesan atau komentar apapun yang mereka tulis. Tidak peduli seberapa besar sakit yang kamu alami, ataupun tidak peduli pesan itu benar atau tidak tidak, merespon hal tersebut adalah keputusan yang buruk. Pelaku cyberbully akan merasa sangat senang dan puas karena telah membuat kamu kesal. Jadi, jangan pernah memberikan mereka kepuasan.

2. Jangan membalas dendam, hal tersebut hanya akan memperburuk suasana. Jika kamu merasa sangat terganggu kamu dapat menjauhkan diri kamu dari penggunaan media sosial ataupun dari ponsel kamu.

3. Simpan bukti, jika kamu mengalami cyberbully dan ingin melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib kamu perlu menyimpan segala bukti, mulai dari komentar kasar, ataupun sampai kepada penghinaan.

4. Laporkan kepada pihak berwajib, Laporkan ancaman bahawa dan pesan yang tidak pantas kepada pihak yang berwajib. Dalam banyak kasus, tindakan ini dapat dituntut secara hukum lohh

5. Cegah segala komunikasi dari cyberbully, anda dapat memblokir alamat email mereka, nomor ponsel atau bahkan menghapus kontak media sosial mereka.

Penulis : Gita Natasha

Sumber : Robinson, L., & Segal, J. (2019). Bullying and Cyberbullying. HelpGuide, from https://www.helpguide.org/articles/abuse/bullying-and-cyberbullying.htm.

3 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page