top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

APAKAH BENAR BERNYANYI DAPAT BERGUNA UNTUK KESEHATAN MENTAL? YUK CARI JAWABANNYA!


Sumber Foto : Pexels – Papa Yaw

Jakarta - Bernyanyi adalah hobi dari jutaan umat manusia. Tidak hanya untuk membangun semangat, bernyanyi nyatanya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mentalmu. Bernyanyi adalah kegiatan yang melibatkan berbagai aspek. Seperti ekspresi, pelafalan dan lain sebagainya.


“Kegiatan ini diantaranya dapat mengurangi hormone stress seperti cortisol. Kami juga dapat melihat perbedaan tingkat endorphin yang terkait dengan perasaan kita” ujar Profesor Daisy Fancourt dari University College London.


Berikut adalah beberapa manfaat dari bernyanyi:

1. Mengurangi Stres, bernyanyi bersama – sama ataupun sendiri dapat mengurangi stres. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai penelitian yang menjelaskan bahwa dengan bernyanyi dapat meningkatkan hormone endorphin, dimana hormon ini dapat mengendalikan stress dan meningkatkan kebahagiaan.


2. Mengatasi Demensia, dimensia adalah sebuah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Dengan adanya berbagai nada yang terdapat disebuah lagu, dapat mencegah adanya dimensia.


"Ketika kita bernyanyi, ada bagian dari otak yang lebih dialiri darah - daerah precortical - ini adalah bagian yang biasanya tersisa pada penderita demensia sementara hal lain telah hilang. Ini adalah bagian yang mengurusi perasaan," kata Dr Simon Opher Cheltenham – Inggris.


3. Mengatasi kesepian, dengan mengikuti lomba atau komunitas paduan suara kamu dapat terhindar dari kesepian. Tidak hanya itu, kamu juga dapat meningkatkan sikap bersosialisasi kamu loh!


4. Kepercayaan diri meningkat, seseorang yang terbiasa untuk tampil didepan umum akan lebih memiliki kepercayaan diri yang meningkat. Tidak hanya yang terbiasa tampil, seseorang yang tidak memiliki suara emas, yang biasanya bernyanyi dikamar ataupun tempat tempat karaoke juga akan memiliki kepercayaan diri.


5. Mengekspresikan emosi, bernyanyi merupakan ekspresi emosi. Tidak hanya dengan lirik yang sama dengan hal yang terjadi di kehidupan kita. Musik yang ada di sebuah lagu juga dapat mengekspresikan emosi kita. Itulah sebabnya seseorang yang sedang merasa sedih juga akan bernyanyi dengan lagu – lagu yang sedih sebagai ekpresi dari emosi mereka.


Dengan berbagai manfaat untuk kesehatan mentalmu apakah kamu sudah bernyanyi hari ini?



Penulis : Gita Natasha

Sumber : Bernyanyi Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Mental, Ini Buktinya. National Geographic Indonesia. (2020). Retrieved 17 July 2020, from https://nationalgeographic.grid.id/read/131801763/bernyanyi-memiliki-manfaat-bagi-kesehatan-mental-ini-buktinya?page=all.

1 view0 comments

コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page