top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

APA ITU STEALTHING?


Sumber Foto : Freepik

Jakarta – Apakah kamu mengetahui apa itu Stealthing? Stealthing merupakan suatu tindakan melepas kondom ketika berhubungan seks tanpa sepengetahuan atau persetujuan pasangan. Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kekerasan seksual. Banyak negara kini mulai peduli terhadap tindakan seperti ini dan menjadikan Stealthing sebuah bentuk tindak pidana kekerasan seksual.


Dampak dari stealthing juga beragam seperti, infeksi menular seksual (IMS), IMS adalah infeksi yang menular melalui hubungan intim. Biasanya ditandai dengan ruam atau rasa nyeri hingga rasa terbakar di area kelamin. Terdapat beberapa jenis penyakit menular seksual yaitu chlamydia, infeksi HIV, herpes. Dampak selanjutnya adalah kehamilan yang tidak diinginkan. Dan yang tidak kalah penting adalah tekanan psikologis.


Saat ini di Indonesia memang belum ada aturan yang jelas akan kekerasan terhadap perempuan, baik seksual ataupun non seksual. Namun yang perlu kalian ketahui, jika pasanganmu melakukan stealthing hal tersebut dapat termasuk dalam pemerkosaan.

Lalu bagaimana jika pasanganmu melakukan Stealthing? Kamu dapat mengunjungi dokter untuk mengetahui apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Kau juga dapat cerita kepada orang yang kamu percayai untuk membantumu agar terhindar dari trauma akan pengalamanmu.

Lalu, apa yang perlu kita perhatikan agar terhindar dari “Stealthing” ? Tentunya dengan tidak melakukan hubungan intim diluar pernikahan, agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan. Itu sebabnya kita sebagai perempuan perlu memiliki keberanian dan kekuatan untuk menolak hal – hal yang menurut kita tidak benar. Tidak peduli seberapa besarnya cinta pacar kalian kepada kalian. Kamu perlu menghormati dirimu untuk tetap menjadikan kamu sebagai perempuan yang berharga.


Dengan perkembangan teknologi dan zaman yang cepat. Penting untuk para orang tua atau remaja saat ini mengetahui Pendidikan Seks (sex education), mungkin sebagian masyarakat Indonesia menganggap hal ini sebagai hal yang tabu untuk diperbicangkan kepada anak – anak. Namun apakah kalian menyadari bahwa saat ini sangat penting untuk orang tua, memberitahukan kepada anak – anak nya betapa pentingnya kita untuk menjaga diri kita.


Penulis : Gita Natasha

Sumber : Connolly, J. (2020). 'Stealthing' - what you need to know. BBC.CO.UK. Retrieved 14 July 2020, from http://www.bbc.co.uk/newsbeat/article/39705734/stealthing---what-you-need-to-know.

0 views0 comments

Commentaires


Post: Blog2_Post
bottom of page