top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

APA ITU BIPOLAR?


Sumber Foto : Freepik – Depression

Bipolar Disorder merupakan sebuah kondisi dimana ketika seserang mengalami perubahan suasana hati secara tiba – tiba dan drastis, contohnya ketika seseorang menjadi sangat sedih padahal sebelumnya merasakan suasana hati sangat senang. Bipolar Disorder juga dapat disebut Manik Depresif.


Terdapat beberapa gejala umum jika seseorang mengidam Bipolar Disorder, seperti putus asa, sedih, memiliki emosi yang tidak terkontrol, memiliki masalah pada pola tidur, kurangnya konsentrasi dan sulit untuk menyimpan memori dan memiliki keinginan untuk mengakhiri diri.Beberapa faktor penyebab terjadinya gangguan ini, seperti genetik, sosial, lingkungan dan fisik.


Mengatur seseorang yang mengidap gangguan bipolar memang membutuhkan banyak kesabaran. Berikut merupakan beberapa cara untuk mengatasi seseorang yang memiliki gangguan bipolar.


1. Sabar

Setiap pengobatan yang dilakukan pengidap bipolar disorder memang membutuhkan banyak waktu. Dengan kesabaran yang besar anda akan melewati hal ini, anda tidak bisa berharap pengidam bipolar dapat sembuh total secara tiba – tiba.


2. Ketahui gejala dan pemicu

Penting untuk kita mengetahui pemicu dari gangguan bipolar tersebut. Hal itu akan memudahkan anda agar tidak membuat kambuh pengidap bipolar disorder. Anda juga dapat membuat perencaan yang matang ketika pengidap bipolar kambuh, perencanaan tersebut dapat berisi; nomor penting seperti dokter, terapis ataupun keluarga terdekat. Anda juga dapat mencatat segala pengobatan yang perlu dikonsumsi pengidam bipolar.


3. Mengikuti sebuah Komunitas

Jangan mengisolasi pengidap bipolar. Mereka perlu untuk bersosialisasi untuk menghindari kambuhnya hal tersebut. Anda bisa mengajak mereka untuk masuk kedalam komunitas para pengidap bipolar, atau mengikuti komunitas yang tersedia disetiap tempat ibadah.


4. Mengembangkan aktivitas sehari – hari

Perlu diperhatikan bahwa kegiatan sehari – hari menjadi hal yang tidak kalah penting dengan yang lain. Pengidap bipolar seringkali merasa sulit tidur. Anda bisa membantu untuk meningkatkan aktivitas tidurnya, anda dapat membuat jadwal tidur, berolahraga, bahkan makan. Tidak mengembangkan segala kegiatan sehari – hari. Anda juga harus konsisten dalam hal ini.


5. Tetap mengatur emosi agar terhindar dari Stres

Dengan segala kegiatan yang padat dan bertemu banyak orang. Ada kalanya pengidap bipolar merasa tidak senang. Anda perlu menjaga perasaan tersebut agar pengidap tetap merasa bahagia ketika menjalankan aktivitas sehari – hari.


Penulis : Gita Natasha

Sumber : Smithl, M., & Sega, J. (2019). Bipolar Disorder Signs and Symptoms. HelpGuide. Retrieved 8 July 2020, from https://www.helpguide.org/articles/bipolar-disorder/bipolar-disorder-signs-and-symptoms.htm.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page