top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

5 TIPS PRINSIP POLA MAKAN UNTUK PIKIRANYANG BEBAS DARI STRESS


Sumber : Pexels.com – Andrea Piacquandio

Jakarta – Stress bisa dialami oleh seseorang dikala sedang dihadapkan dengan berbagai masalah atau kepenatan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya ketika dihadapkan dengan tuntutan pekerjaan, sekolah, atau hubungan dengan orang-orang terdekat. Karena stress bisa menyebabkan pola makan kita menjadi tidak teratur dan tidak sehat dalam menjaga kesehatan kondisi tubuh.


Setiap makanan yang kita makan dan minum akan berpengaruh terhadap naik turunnya suasana hati kita (mood). Ini karena beragam zat gizi memainkan peran penting untuk menunjang fungsi otak, kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah, hingga mengeluarkan racun. Bahkan asupan zat gizi dari makanan pun turut membantu untuk menurunkan kadar hormon kortisol dan adrenalin yang meningkat saat stres. Berikut ini tips pola makan untuk pikiran yang bebas dari stress.

1. Perbanyak Asupan Serat

Mengutip dari The Journal of Physiology, makanan dengan kandungan serat tinggi dalam pola makan harian dapat membantu mengurangi stres. Jarang diketahui, ternyata bakteri yang bersarang di dalam usus bisa membantu menurunkan tingkat kecemasan serta stres pada tubuh.

2. Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks

Mengonsumsi roti gandum, biji-bijian, sayuran, maupun buah-buahan. Sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition and Food Sciences menjelaskan bahwa konsumsi sumber karbohidrat kompleks akan membantu memproduksi lebih banyak serotonin.

3. Kurangi Asupan Lemak

Sebuah penelitian dari Psychiatric Clinics of North America mencoba membandingkan tingkat stres pada hewan yang makan makanan biasa dan tinggi lemak. Sementara pada hewan yang diberi makanan tinggi lemak, bagian hipotalamus otak memproduksi lebih banyak hormon glukokortikoid.


4. Perbanyak Asupan Vitamin dan Mineral

Pentingnya kebutuhan vitamin dan mineral bukanlah isapan jempol belaka. Tak hanya dibutuhkan untuk menunjang berbagai fungsi tubuh saja, asupan zat gizi mikro tersebut juga membantu mengurangi tingkat stres tubuh. Mulai dari vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, magnesium, serta selenium.


5. Penuhi Kebutuhan Cairan Setiap

Dengan tercukupinya cairan untuk tubuh kita, akan memberikan efek yang baik dalam tubuh kita, yaitu dengan mengomumsi air putih setiap harinya secara cukup guna mencegah stress dan dehidrasi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan girls, semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam menjaga pola makan yang sehat agar tidak mudah stress.




Penulis : Stella Bella

Sumber : Umum, d., & Setiaputri, K. (2020). 5 Tips Menjaga Pola Makan untuk Kesehatan Pikiran. Retrieved 11 August 2020, from https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/pola-makan-untuk-mengurangi-stres/#gref.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page