top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

5 TANDA HUBUNGAN PERNIKAHANMU BERADA DI UJUNG TOMBAK PERCERAIAN


Sumber Foto : Pexels – Vera Arsic

Jakarta – Menjalin hubungan pernikahan yang didasari oleh komitmen, kepercayaan dan cinta memang bukanlah hal yang mudah. Akan terjadi lebih banyak pertengkaran jika pasangan kita dapat membangun dasar – dasar sebuah hubungan.


Oleh sebab itu, perlu adanya Kerjasama antara pasangan untuk tetap menjaga dan mempertahankan ikatan pernikahan tersebut. Hal itu yang mewajibkan kita untuk berkomunikasi pada pasangan mengenai visi dan misi kita untuk membangun ikatan pernikahan.


Berikut merupakan 5 tanda bahwa hubungan pernikahan anda diujung tombak perceraian;

1. Kebutuhan Emosional yang Tidak Terpenuhi,

Setiap hubungan perlu didasari oleh kebutuhan emosional, seperti; saling mendengarkan, adanya kepercayaan, dihargai, diprioritaskan, dan diinginkan. Jika dalam hubunganmu anda merasa bahwa pasangan sudah tidak lagi mempercayaimu, atau bahkan ia mengatakan bahwa tidak menginginkanmu lagi. Anda perlu waspada untuk memperbaiki hubunganmu dengan berbicara secara serius bersama pasangan anda.

2. Visi Misi Pernikahan yang Redup

Jika pada saat anda dan pasangan membangun ikatan pernikahan, anda pasti sudah membicarakan mengenai tujuan hidup dan visi misi dalam hubungan yang kamu sedang jalani. Jika pasanganmu sudah mulai tidak sejalan dengan dirimu, kamu perlu intorpeksi dirimu kembali. Apakah terdapat hal yang membuat pasanganmu sudah tidak lagi tertarik dengan visi misi pernikahan yang kalian telah buat.

3. Menghindar dari Dirimu

Jika hubungan pernikahanmu sudah berada di ujung tombak perceraian, hal ini adalah hal yang paling umum dilakukan oleh pasanganmu. Dia akan menghindari segala aktivitas yang biasa kalian lakukan bersama – sama.

4. Tidak Tertarik dengan Hubungan Intim

Jika pasangan anda sudah tidak tertarik dengan melakukan hubungan intim, anda perlu melakukan evaluasi hubungan bersama pasangan anda. Tidak hanya dalam keintiman seksual, anda juga perlu melakukan evaluasi jika pasangan anda menghindari anda dari kedekatan fisik.


5. Melakukan Kekerasan

Kekerasan merupakan hal yang tidak kalah penting, hal ini menjadi penentu akhir bahwa hubungan anda memang berada di ujung tombak perceraian atau tidak. Tidak hanya dalam kekerasan fisik, jika anda merasa bahwa pasangan anda sudah melakukan kekerasan emosional ataupun seksual hal tersebut sebaiknya sudah menjadi penentu akhir bahwa memang pasangan anda bukanlah pasangan yang baik untuk kehidupan anda.

Itu adalah kelima tanda bahwa hubungan ikatan pernikahanmu sudah berada di ujung tombak perceraian. Jika anda tetap mempertahankan hubungan pernikahanmu, anda juga memikirkan apakah hal tersebut baik untuk kehidupan anda.

Penulis : Gita Natasha

Sumber : Lukin, K. (2018). 5 Signs Your Marriage Might Be Over. Psychologytoday.com. Retrieved 4 August 2020, from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-man-cave/201811/5-signs-your-marriage-might-be-over.

1 view0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page