top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

5 MANFAAT PACARAN BAGI PERKEMBANGAN MENTAL DAN KESEHATAN


Sumber Gambar : Gustavo Fring

Jakarta – Pacaran sehat adalah bagaimana kita menjalani hubungan yang saling menghargai, menghormati, dan jujur. Pacaran yang sehat juga berarti membangun komunikasi yang baik dan saling menjaga kepercayaan dan batasan-batasan yang disepakati bersama. Banyak orang yang mungkin bertanya apa manfaat pacaran sebenarnya, setiap orang tentunya memiliki alasannya sendiri. Sebagian memilih untuk menjalani pacaran meskipun terdapat risiko dari pacaran itu sendiri, dan sebagian memilih utuk tidak pacaran agar terhindar dari risiko tersebut.


Tujuan utama pacaran yang paling umum adalah untuk mengenal satu sama lain. Ternyata selain bermanfaat sebagai masa pengenalan, masih banyak lagi manfaat pacaran, bahkan manfaat punya pacar juga bisa ditinjau dari segi kesehatan. Pacaran yang sehat memang bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk merasakan berbagai manfaat atau keuntungan untuk kesehatan mental maunpun fisik seperti di bawah ini.

1. Belajar menjadi lebih dewasa


Menjalani hubungan pacaran juga bisa membuat kita belajar untuk menjadi dewasa. Usia fisik dan usia mental seseorang dapat berbeda. Terkadang walaupun sudah memasuki usia dewasa, seseorang masih dapat memiliki pemikiran seperti anak kecil.


2. Menjadi pribadi yang positif


Seseorang bisa menjadi pribadi yang positif adalah salah satu manfaat pacaran yang bisa didapatkan. Ketika menjalani pacaran, Anda dan pasangan tentunya akan saling peduli satu sama lain. Ternyata belajar peduli pada orang lain dapat membuat seseorang lebih bahagia dan menjadi pribadi yang lebih positif.


3.  Saling memberi motivasi hidup sehat


Manfaat pacaran tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tapi tentunya juga untuk kesehatan fisik. Pasangan yang berpacaran akan saling mendungkung satu sama lain, tentunya dalam hal yang positif. Salah satu hal yang paling sederhana adalah dalam hal menjaga kesehatan.


4. Menambah wawasan


Ya, pacaran ternyata bisa menambah wawasan masing-masing. Menjalin hubungan yang erat dengan orang lain berarti Anda akan lebih terlibat dalam kehidupan pasangan. Dengan begitu, Anda pun jadi punya pemikiran lebih luas, misalnya soal bidang pekerjaan pasangan atau budaya dan tradisi keluarga pasangan Anda.


5. Hidup lebih sehat


Salah satu manfaat pacaran yang sayang dilewatkan yaitu membuat Anda lebih semangat menjalani gaya hidup sehat.


Hubungan yang sehat juga tentunya harus memiliki tujuan yang jelas dan memiliki manfaat untuk kedua belah pihak. Jika hubungan yang Anda jalani tidak sehat, maka akan sulit juga untuk mendapatkan manfaat pacaran seperti yang sudah disebutkan di atas girls.







Penulis : Stella Bella

Sumber : 7 Manfaat Pacaran untuk Mental dan Fisik Sehat. (2020). Retrieved 14 July 2020, from https://doktersehat.com/manfaat-pacaran/. Umum, d., & Shabrina, A. (2020). Manfaat Pacaran Bagi Perkembangan Mental dan Kesehatan. Retrieved 14 July 2020, from https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/manfaat-pacaran-sehat/.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page