top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

10 HAK ANAK YANG WAJIB DIBERIKAN OLEH ORANG TUA


Sumber Foto : Pexels – Artem Beliaikin

Jakarta – Sebagai orang tua tugas yang harus dilakukan memang akan bertambah banyak. Khususnya dalam memberikan hak pada anak. Hal yang paling penting untuk kita lakukan ketika memiliki anak adalah memahami sikap yang tepat dalam mendidik anak agar tidak mengganggu kesehatan mental dan fisik sang anak.

Berikut adalah 10 Hak Anak yang Wajib kita berikan, yang disetujui oleh negara PBB Konvensi Hak-Hak Anak pada tanggal 20 November 1989;

1. Hak untuk Bermain, bermain adalah hobi anak yang paling mereka sukai. Mereka dapat mengembangkan segala hal. Dengan bermain anak juga dapat mengenal dunia dan orang – orang yang ada disekitarnya

2. Hak untuk mendapatkan Pendidikan, setiap anak layak untuk mendapatkan pendidikan. Jika orang tua tidak mampu memberikan pendidikan kepada anaknya. Pemerintah sudah mengatur hal tersebut, dalam UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak bertanggung jawab untuk memberikan biaya bantuan atau bantuan cuma – cuma atau pelayanan khusus bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu, anak terlantar atau anak yang bertempat tinggal di daerah terpencil

3. Hak untuk Mendapatkan Perlindungan, tentunya anak berhak untuk mendapatkan perlindungan tidak memang laki – laki atau perempuan. Anak perlu terlindungi dari segala kekerasan fisik, verbal maupun seksual.

4. Hak untuk mendapatkan Indentitas, setiap anak berhak untuk mendapatkan identitas (nama) dan tercatat dalam dokumen negara.

5. Hak untuk mendapatkan Status Kebangsaan, tidak hanya anak berumur 17 tahun keatas yang berhak mendapatkan status kebangsaan. Anak dibawah 17 tahun juga perlu status kebangsaat yang resmi dari negara.

6. Hak untuk Mendapatkan Makanan, guna untuk tumbuh kembang anak yang baik, anak membutuhkan makanan dengan kualitas gizi yang baik. Anak juga berhak untuk mendapatkan ASI eksklusif pada enam bulan awal dan dilanjutkan MPASI dan makanan sehat lainnya.

7. Hak untuk mendapatkan Kesehatan, setiap anak di dunia ini perlu mendapatkan jaminan kesehatan, seperti imunisasi, dan akses pada Pos Layanan Terpadu (Posyandu), tidak hanya imunisasi, anak juga berhak untuk mendapatkan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali.

8. Hak untuk mendapatkan Rekreasi, siapa yang mengatakan bahwa hanya orang dewasa yang membutuhkan pergi berkreasi? Anak juga membutuhkan waktu untuk mereka dapat libur dan pergi berwisata bersama keluarga.

9. Hak untuk mendapatkan Kesamaan, Indonesia adalah negara yang beragam dengan suku budaya, agama, dan lainnya. Dengan beragamnya perbedaan yang ada, anak perlu mendapatkan kesamaan dimana tidak ada perbedaan layanan bagi anak – anak.

10. Hak untuk Berperan dalam Pembangunan, sama dengan pendidikan, anak juga membutuhkan kesempatan dalam pembangunan negara, dengan pendidikan yang baik anak akan menjadi salah satu pewaris bangsa yang dapat mengharumkan bangsa Indonesia.

Sebagai orang tua yang baik Hak tersebut sudah sepatutnya memenuhi segala hak anak. Jadi, apakah kamu sudah memenuhi hak anakmu?

Penulis : Gita Natasha

Sumber : The Asian Parent Indonesia. (2020). 10 Hak – Hak Anak yang Wajib Terpenuhi, Sudahkah Parents Melakukannya?. https://id.theasianparent.com/hak-untuk-anak

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page